DONOR DARAH DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIESNATALIS UTSU

 

Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan dies natalis  ke XII yang dipusatkan dikampus UTSU Manado kawasan Mega smart 2 no.9 dan10, Jumat (26/4/2019). 

Aksi donor darah bekerjasama dengan UTD PMI Sulut ini mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan yang turut menjadi peserta donor darah yakni dari Unsur TNI, Jurnalis, Akademisi dan masyarakat umum. 



Ketua panitia aksi donor darah Manuel Sadonda mengatakan kegiatan donor darah ini selain dalam rangka Dies Natalis UTSU juga Diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

"Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial bagi sesama, setetes darah kita sangat berarti , melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan," Ungkap Sadonda.

Sadondapun memberikan apresiasi bagi semua pihak yang sudah mensukseskan kegiatan kemanusiaan ini.

"Terimakasih buat pihak kampus Rektor, Warek hingga para dosen  yang juga sangat luar biasa mendukung program ini, begitu juga dari semua pendonor dari masyarakat umum, jurnalis,akademisi dan khusus buat Dandim 1310 Bitung/Minut Bapak Kusnandar Hidayat yang sudah sangat membantu dengan mengirimkan personilnya untuk mensukseskan kegiatan kami, demikian juga petugas PMI Sulut semoga dengan ketulusan kita mendonorkan darah dapat meringankan beban saudara saudara kita yang membutuhkan," Urai Sadonda.

Dalam aksi kemanusian BEM UTSU ini setidaknya lebih dari 50 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya namun diantaranya tidak memenuhi syarat. 

"Dari 50 an peserta yang mendaftar hanya 19 yang lolos sementara yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,demikian juga ada yang belum lama berdonor itu juga belum bisa karena kwalitas darah belum bagus. Manfaat berdonor selain membantu sesama juga kesehatan dan regenerasi sel darah," jelas Dr. Wulan Pangkey selaku kepala klinik Unima yang ditugaskan UTD PMI Sulut dalam aksi donor darah BEM UTSU. 

Dr. Wulan Pangkey juga menjelaskan pemeriksaan intensif sebelum berdonor itu wajib dilakukan karena ini menyangkut nyawa orang banyak dan keselamatan pendonor.

"Sebelum mendonor pendonor wajib kami Tes mulai dari Tekanan darah kemudian apakah pernah sakit malaria dalam berapa waktu, bertatto atau lagi Datang bulan bagi pendonor wanita bahkan juga soal Hemoglobin (Hb) jika Hb rendah tidak bisa berdonor. Darah yang terkumpul ini juga akan kami periksa ke Laboraturium karena ini hal yang sangat penting soal kemurnian darah ataupun Hygienis," Jelas dr.Wulan.

Selain aksi donor darah menyemarakkan Dies Natalis ke XII, BEM UTSU juga akan menggelar lomba PUBG dan Futsal yang rencananya akan digelar bulan Mei 2019 mendatang. (Finda/LPM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKNA LOGO LEMBAGA PERS MAHASISWA UTSU MANADO

Bekerjasama dengan AMSI Sulut, Pers Mahasiswa UTSU Gelar Pelatihan Jurnalis

UTSU Gelar Seminar Peningkatan Kualitas SDM